Sabtu, 07 Maret 2015

[Jamur] sumber gizi dan rejeki dari tempat pembuangan part 1

Salam
Halo, kali ini saya akan bahas masalah jamur, khusus nya jamur konsumsi dan peranannya sebagai peluang bisnis. Sebelum saya bahas masalah jamur saya akan sedikit menyinggung klasifikasi mahluk ini. Seperti yang anda ketahui mahluk hidup di klasifikasi kan menjadi beberapa kelompok didasarkan persamaan ciri, cara hidup, tempat hidup dan penyebaran. Lalu  dimana kah letak jamur itu lihat table dibawah
source  http://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:Biological_classification_L_Pengo.svg
nah di klasifikasi kingdom- inilah jenis jamur dipisahkan, owh iya sebelumnya saya menggunakan klasifikasi 5 kingdom, yang di temukan oleh Robert H. Whittaker: Monera(bakteri), Protistaa(alga), Fungi (jamur) disinilah kita mulai bercerita, Plantae (Tumbuhan), Animalia (Hewan).
jadi jamur itu bukan tumbuhan atau pun hewan dan bahkan bakteri atau alga, tapi dia adalah kingdom tersendiri.
varietas jamur ada sangat banyak di amerika saja tercatat ada sekitar 5000 jenis jamur, diantaranya ada yang mematikan ada yang beracun. tapi kita tidak akan membahas itu. yang akan saya bahas adalah jamur konsumsi hubunganya dengan peluang bisnis.
ada beberapa jamur yang bisa dimanfaatkan untuk konsumsi, bahkan ada beberapa yang bisa dijadikan obat.
secara gizi kandungan jamur tidak kalah dengan sumber makanan lainya, bahkan memeiliki kelebihan di beberapa nutrisi.
berikut seperti yang di rilis oleh http://www.menshealth.co.id/nutrisi/nutrisi.umum/nutrisi.dalam.jamur/003/002/71
beberapa nutrisi dalam jamur yang membuatnya layak di perhitungkan :

1. Protein
Inilah nutrisi terbesar yang dimiliki jamur. Rata-rata jamur mengandung 14-54 persen protein. Meskipun mengandung protein dalam jumlah yang cukup besar, jamur tetap aman untuk dikonsumsi oleh penderita kolesterol dan tekanan darah tinggi. Alasannya karena protein dalam jamur bebas phytosterol, sejenis kolesterol yang sering terdapat dalam makanan yang tinggi protein

2. Vitamin
Rata-rata jamur pangan memiliki kandungan vitamin B1 (thiamin), B2 (riboflavin), B3 (niacin), B5 (panthothenate), dan B7 (biotin). Jamur juga mengandung senyawa yang ergosterol yang akan dikonversikan oleh tubuh menjadi vitamin D saat terkena sinar matahari.

3. Mineral
Jamur kaya akan kandungan mineral. Beberapa di antaranya adalah selenium, magnesium, zinc, mangan dan kalium. Bahkan satu buah jamur portobello berukuran sedang memiliki lebih banyak kandungan kalium dibandingkan pisang.

4. Serat
Dalam 100 gram jamur terkandung serat sebanyak 7,4 hingga 24,6 persen. Itulah sebabnya jamur sangat baik bagi perncernaan dan sering dikonsumsi oleh mereka yang sedang menjalani program diet.
nah, banyak bukan manfaat jamur? lalu kelebihan berbisnis jamur selain dari kandungan Gizi nya ada lah "perawatanya" dan "budidaya" yang tergolong sangat mudah.

1. tidak perlu tempat yang luas
ya karena jamur hidup di daerah yang lembab dan tertutup, lalu jarak tanam jamur yang memungkinkan kita mencapai hasil maksimal dengan lingkungan yang sempit dan media tanam jamur yang banyak, bisa serbuk gergaji, bisa merang bisa tanah itu sendiri.

2. perawatan yang sangat mudah
budidaya jamur tidak perlu menggunakan pestisida atao insektisida, daya hidup jamur sangat tinggi, dan jarang sekali terkena hama atau penyakit (hampir tidak pernah), yang perlu kita lakukan adalah menjaga suhuruangan tempat kita budidaya tetao lembab. hal itu bisa dilakukan dengan hanya menyemprotkan air di ruangan itu 2-3 kali sehari.

3. waktu panen relativ singkat
hanya sekitar 115-120 hari sudah siap panen
jadi, apakah anda berminat usaha jamur?
sekian artikel ini, hanya gambaran umum saja selebihnya akan saya jelaskan pada posting berikutnya, setidaknya bisa menginpirasi usaha anda

mohon maaf dan terimakasih telah membaca.

0 komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger